Sunday, October 16, 2016

Macam-Macam Perangkat Keras dan Perangkat Lunak Komputer

Hasil gambar untuk macam-macam perangkat keras dan perangkat lunak komputer
Assalamu’alaikum Wr.Wb. Selamat pagi, selamat beraktivitas untuk Anda yang sedang melakukan aktivitas. Kali ini saya akan membahas tentang Macam-macam Perangkat Keras dan Perangkat Lunak Komputer, mungkin bagi kalian udah banyak yang tau. Di sini saya akan menshare ulang, bagi yang belum tau mari kita belajar bersama.
Saya ulang kembali sedikit pengertian tentang Perangkat Keras Komputer, Perangkat Keras Komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada didalamnya. Sedangkan Perangkat Lunak Komputer adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital.
Macam-macam Perangkat Keras Komputer:
1.      Motherboard
Hasil gambar untuk motherboard
Komponen utama yang membangun sebuah komputer, berbentuk papan persegi dengan slot-slot untuk memasukkan komponen-komponen lain. Fungsi untuk menghubungkan seluruh komputer.
2.      CPU(Control Processing Unit)
Hasil gambar untuk cpu
Biasanya kita sebut dengan processor, CPU merupakan otak dari komputer. Fungsi memproses dan mengolah semua kalkulasi dan perintah-perintah yang membuat komputer dapat dioperasikan.
3.      RAM(Random Access Memori)
Hasil gambar untuk ram
RAM ini merupakan sebuah penyimpanan  yang digunakan sementara, maksudnya RAM berfungsi saat kita melakukan aktivitas dikomputer seperti internet, nonton video, dengerin musik, dll. Semua itu menggunakan RAM, fungsi sebagai tempat transit data sementara untuk operasi-operasi yang telah dijalankan oleh CPU.
4.      HDD(Hard Disk Drive)
Hasil gambar untuk hard disk drive(hdd)
Fungsi sebagai tempat penyimpanan data utama dalam sebuah sistem komputer, sistem operasi, aplikasi, dan dokumen-dokumen.
5.      Monitor
Hasil gambar untuk monitor
Output dari komputer yang kita gunakan, disebut juga screen atau display. Fungsi untuk menampilkan video dan informasi grafis yang dihasilkan dari komputer melalui VGA Card.
Dan masih banyak lagi perangkat keras yang belum saya sebutkan, selanjutnya saya akan beri contoh apa saja Perangkat Lunak Komputer:
1.      Perangkat Lunak Aplikasi
Hasil gambar untuk perangkat lunak aplikasi
Suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan tugas yang diinginkan pengguna.
2.      Sistem Operasi
Hasil gambar untuk sistem operasi
Program yang digunakan untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar, fungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan.
3.      Perangkat Lunak gratis(freeware)
Hasil gambar untuk perangkat lunak grafis
Perangkat lunak komputer yang gratis digunakan tanpa batasan waktu.
4.       Perangkat Lunak uji coba(shareware)
Hasil gambar untuk perangkat lunak uji coba
Program terbatas, didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan vitur.
5.      Perangkat Lunak perusak(Malware)
Hasil gambar untuk perangkat lunak perusak
Sebuah perangkat lunak yang bekerja untuk merusak tata kerja dari sistem komputer. Malware bekerja dengan mengganggu kinerja dari perangkat lunak yang ada dalam sistem komputer.
6.      Bahasa Pemrograman
Hasil gambar untuk bahasa pemrograman
Program yang digunakan untuk menerjemahkan intruksi-intruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman kebahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.

Itu dia macam-macam perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang saya jelaskan, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda. Ikuti terus blog saya, Anda akan mendapat artikel-artikel tentang Informatika yang sangat membantu, InsyaAllah. Apabila ada salah pengetikkan, atau ada yang kurang pas saya minta ma’af J. Sekian, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

0 comments:

Post a Comment

Cara Membersihkan Cache Smartphone

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Gimana kabarnya kawan? Semoga baik selalu. Sebenarnya bingung sih mau nulis materi apa, eh tiba2 kepikiran cache. ...