Monday, February 29, 2016

MAKALAH SISTEM OPERASI

MAKALAH SISTEM OPERASI

Organisasi Komputer
Penyusun:
Raka Nur Wahyudi (22) MI2
Dosen Pembimbing:
Rusmani, S.Pd

Prodi Managemen Informatika
AKADEMI KOMUNITAS NEGERI (AKN) BOJONEGORO
TAHUN AJARAN 2015/2016





Kata Pengantar
           Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang Alhamdulillah tepat pada waktunya. Tanpa pertolongan-Nya mungkin kami tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.
           Dengan membuat tugas ini kami diharapkan mampu untuk lebih mengenal tentang Sistem Operasi Komputer yang kami sajikan berdasarkan informasi dari berbagai sumber.
           Kami sadar, sebagai seorang mahasiswa yang masih dalam proses pembelajaran,  penulisan makalah ini masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan adanya kritik dan saran yang bersifat positif, guna penulisan makalah yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.
           Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah  ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi segala usaha kita. Amin.

Bojonegoro, Desember 2015

Penyusun,












DAFTAR ISI

Halaman Judul.......................................................................................................................
Kata Pengantar......................................................................................................................
Daftar Isi................................................................................................................................
BAB 1. PENDAHULUAN..................................................................................................
1.      Latar Belakang
2.      Rumusan Masalah
3.      Tujuan Penulisan
BAB 2. PEMBAHASAN.....................................................................................................
1.      SEJARAH SISTEM OPERASI KOMPUTER
a.       Definisi Sistem Operasi
b.      Perkembangan Sistem Operasi
c.       Jenis-Jenis Sistem Operasi
-          DOS, Free BSD, Mac OS, Solaris, Unix, Windows
2.      OPERASI DASAR PADA SISTEM OPERASI KOMPUTER
a.       Bagian-Bagian Sistem Operasi
b.      Fungsi Sistem Operasi
-          Manajemen proses, Manajemen memori, Manajemen file, Task manajemen, Formatting, Keamanan data, User interface, Toleransi kesalahan
c.       Sistem Operasi dengan BIOS
d.      Tujuan Sistem Operasi
BAB 3.PENUTUP................................................................................................................
Kesimpulan............................................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA...........................................................................................................






BAB I
PENDAHULUAN
1.      LATAR BELAKANG
Sistem operasi atau operating system (OS) merupakan sebuah penghubung antara user (pengguna komputer) dengan hardware (perangkat keras) komputer. Sebelum ada OS, orang menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Sebagai contoh, komputer yang digunakan untuk mengontrol oven microweve memiliki tugas amat sederhana dengan alat input dan alat output sederhana pula. Hardware yang lain pun sederhana dan tidak pernah diubah-ubah. Kita dapat mengatur beberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak makanan.
Secara umum, Sistem Operasi adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan booting. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti untuk software-software itu. Layanan inti tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, penjadwalan tugas schedule task, dan antar-muka user GUI/CLI.  Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.
Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu (misalnya DOS), tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem Operasi seperti ini disebut sebagai Multi-tasking Operating System (misalnya keluarga sistem operasi UNIX).  Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan Sistem Operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali. Tipe yang pertama sering disebut sebagai desktop OS, sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS, contohnya adalah Windows, Linux, Free BSD, Solaris, Palm, Symbian, dan sebagainya.



2.       RUMUSAN MASALAH
Dari sekian banyak materi yang ada dalam sistem operasi, dalam Makalah ini penyusun
mencoba menguraikan mengenai :
-          Sejarah sistem operasi komputer,
-          Jenis-jenis sistem operasi komputer,
-          Operasi dasar pada sistem operasi komputer,
-          Tujuan sistem operasi.
3.       TUJUAN PENULISAN
Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Organisa
si Komputer dan untuk menambah pengetahuan tentang Sistem Operasi pada Komputer.






BAB II
PEMBAHASAN
1.      SEJARAH SISTEM OPERASI KOMPUTER
a.      Definisi Sistem Operasi
Pengertian OS secara umum adalah suatu perangkat yang mengelola seluruh sumber
daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan ke pengguna sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan pengguna serta pememfaatan sumber daya sistem komputer. OS dapat diibaratkan dengan sistem pemerintahan dalam suatu negara yang berfungsi mengondisikan komputer agar dapat menjalankan program secara benar. untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber daya, OS mangatur pengguna mana yang dapat, mengakses suat sumber daya. Oleh karena itu, OS juga sering disebut sebagai sumber pembagi. Satu lagi fungsi penting OS adalah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan dan penggunaan komputer yang tidak perlu.
Dengan kata lain, OS dapat disebut sebagai kumpulan dari software (perintah atau
program) pengendali hardware, antara lain disk drive, hardisk, CD/DVD-ROM atau DVD/DVD-RW, monitor, keyboard, mouse, scanner, atau printer. OS juga merupakan perantara user dalam menggunakan program, aplikasi, seperti program pengolah kata, pengolah angka, pengolah grafis, dan presentasi.
b.      Perkembangan Sistem Operasi
-          Generasi pertama (1945-1955)
Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik. Hal itu disebabkan para pencipta sistem komputer menyadari bahwa kecepatan manusia untuk menghitung sangat terbatas. Di samping itu, manusia juga sangat mudah membuat kecerobohan, kekeliruan, bahkan kesalahan. Pada generasi ini, belum ada sistem operasi. Oleh karena itu, sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.
-          Generasi kedua (1955-1965)
Generasi kedua memperkenalkan batch prosesing system, yaitu pekerjaan yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan. Pada generasi ini, sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada. Contoh fungsi sistem operasi yang berkembang pada masa ini ialah FMS dan IBSYS.

-          Generasi ketiga (1965-1980)
Pada generasi ini, sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus para pemakai dapat berkomunikasi secara interaktif lewat terminal secara on-line ke komputer. Dengan demikian, sistem operasinya menjadi multi-user dan multi-programming.
-          Generasi keempat (pasca 1980-an)
Dewasa ini, sistem operasi digunakan untuk jaringan komputer dengan para pemakainya menyadari bahwa keberadaan komputer-komputer yang digunakan saling terhubung satu sama lain. Pada masa ini, para pengguna juga telah diberikan kenyamanan dengan Graphical User Interface (GUI), yaitu antarmuka komputer berbasis grafis yang sangat nyaman. Pada masa ini, juga dimulai era komputasi tersebar, yaitu komputasi-komputasi yang tidak lagi dimulai berpusat pada satu titik, tetapi dipecah di banyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.
c.       Jenis – Jenis Sistem Operasi
-          DOS

DOS (Disk Operating System) merupakan awal system  operasi yang dipakai oleh
IBM PC (disebut PC-DOS) dan PC yang kompatibel dengan IBM PC disebut dengan MS-DOS. Versi DOS yang pertama dikeluarkan pada tahun 1982 dalam sebuah disket. Saat ini operasi sistem operasi ini tidak lagi digunakan. Fungsi–fungsi DOS: Mengorganisasikan atau mengendalikan kegiatan komputer, mengatur memori, mengatur proses input dan output data, management file, management directory.
Kelebihan DOS:
Ø  DOS menampilkan program yang lebih "realistis" dibandingkan windows karena be-
berapa command dari windows itu sendiri mengadaptasi dari DOS (misalkan command virus untuk menyembunyikan attribut).
Kekurangan DOS:
Ø  DOS tidak memiliki GUI sehingga membuat lebih ribet, karena menggunakan Com-
mand Line Interface, Windows yang sekarang (NT Tech) tidak begitu kompatibel dengan program DOS.

-          FREE BSD

Free BSD adalah Sistem Operasi bertipe UNIX bebas yang diturunkan dari UNIX
AT&T. Free BSD berjalan di atas sistem intel x86. Free BSD sendiri kali pertama muncul pada tahun 1993 oleh David Greenman. Tujuan dari Free BSD adalah menyediakan software yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan. Free BSD sendiri dikembangkan dari 386BSD sebuah proyek pengembangan BSD OS yang berjalan di atas Chip Intel.
Kelebihan Free BSD:
Ø  Memiliki sistem software third-party yang memberikan kemudahan yang berarti bagi
para user untuk menambah atau menghapus aplikasi-aplikasi.
Ø  Keuntungan lain dalam memakai free BSD sebagai server diantaranya adalah mudah,
gratis (bisa di download langsung dari www.freebsd.org ), secure, powerfull, mendukung patch dan update, disertai port dan package u/ memudahkan install software lain, disertai firewall, dan ada team yang akan selalu develop OS Free BSD.
Ø  Sistem stabil untuk database, server internet, intranet, fill-server, intranet client, pe-
ngembangan java. Free BSD dapat berjalan lebih cepat dari Linux dalam beberapa bagian misal sebagai server NFS.
Kekurangan Free BSD:
Ø  Sedikit software untuk kantor apalagi versi gratisnya,
Ø  Free BSD tidak dapat digunakan pada mikro karnal lam PC IBM,
Ø  Free BSD tidak dapat mendukung ISA-plug-and-ply-card,
Ø  Kecilnya basis developer dan pemakai yg mencari bug/kelemahan program,
Ø  Belum jelas masa depannya untuk server database dan sistem operasi desktop.


-          Mac OS

MAC OS atau Macintosh Operating System adalah Sistem Operasi yang dibuat oleh
Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan komputer berbasis IBM. MAC OS merupakan Sistem Operasi pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI). Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur Power PC maupun x86.
Kelebihan Mac OS:
Ø  Hardware dan sistem operasi berasal dari produsen yang sama, tidak bisa di tembus vi
rus dan worm.
Kekurangan Mac OS:
Ø  Hanya cocok bagi graphic designer, hanya pihak MacOs saja yang mengembangkan
sistem operasi ini, kurang cocok untuk aplikasi server dan game.
-          SOLARIS

Sistem Operasi Solaris adalah sebuah Sistem Operasi yang berdasarkan UNIX system
yang diperkenankan oleh Sun Microsystems oada tahun 1992 sebagai pendukung SunOS. Solaris terkenal karena kestabilannya, khususnya pada sistem SPARC (Scalable Processor Architecture), Solaris disertifikasi dalam Spesifikasi UNIX walaupun pada awal pengembangannya berdasarkan kepemilikan pribadi, dan kebanyakan kode dasarnya sekarang ini merupakan Software Open Source yang biasa dikenal dengan Open Solaris. Open Solaris adalah Open Source versi Sistem Operasi Sun Solaris, tetapi Sun Solaris terdiri dari lebih beberapa kode yang tidak hanya inti dari Sistem Operasi misalnya: Source untuk Installer, Desktop, Software.

Kelebihan SOLARIS:
Ø  Sistem file stabil untuk database, server Internet, Intranet,  file-server, Internet-client,
pembangunan Java.
Ø  Stabil dan popular dibandingkan dengan Windows NT, mempunyai sistem operasi U-
nix versi “hampir” sempurna.
Kekurangan SOLARIS:
Ø  Harga sistem operasi komersil yang mahal (versi berbayar), 
Ø  Kepantasan inovasi Linux lama kelamaan memberi kesan kepada sistem Unix komer-
sil, sistem operasi Unix versi "hampir" percuma tidak sebaik sistem operasi Unix komersil.
Ø  Driver hardware yang kurang baik pada versi “hampir” percuma, sedikit perizinan un
tuk pejabat.
-          UNIX

UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Mul-
tiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph AT&T, General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA), UNIX didesain sebagai Sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user.
Kelebihan UNIX:
Ø  Sistem operasinya gratis, tidak perlu mengintal driver lagi, mendapatkan aplikasi mul-
timedia dan desian grafis yang lengkap, tidak bisa terkena virus, desktopnya bagus.
Kekurangan UNIX:
Ø  Membingungkan karna berbeda dengan windows, format file yang terlalu sedikit, banyak software yang tidak complatible dengan linux.


-          LINUX

Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix.
Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama (open source). Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.
Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Li
nus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.
Kelebihan LINUX:
Ø  Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak
terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux.
Ø  Linux mudah digunakan. Dulu, Linux dikatakan merupakan sistem operasi yang sulit
dan hanya dikhususkan untuk para hacker. Namun, kini, pandangan ini salah besar. Linux mudah digunakan dan dapat dikatakan hampir semudah menggunakan Windows.
Ø  Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di Li-
nux. Kita dapat mengakses situs web Open Source as Alternative untuk memperoleh informasi yang cukup berguna dan cukup lengkap tentang alternatif aplikasi Windows di Linux.
Kekurangan LINUX:
Ø  Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih ‘Windows minded’.
Ø  Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Li
nux. Untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Linux, kita dapat melihatnya di Linux-Drivers.org atau www.linuxhardware.org.
Ø  Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software
di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.

-          WINDOWS

Mircorost Windows atau biasa kita sapa dengan sebutan Windows adalah Sistem Ope
rasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasikan GUI (Graphical User Interface) atau tampilan antarmuka bergrafis.
Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang
berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar.
Kelebihan WINDOWS :
Ø  User friendly dibandingkan dengan sistem operasi yang lain, installasi software mu-
dah, banyak software berbasis Windows, dukungan driver yang lebih banyak.
Ø  mudah membuat software untuk dijalankan di Mircosoft Windows. Terutama dunia u-
saha yang membutuhkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhannya.
Ø  Perkembangan paling cepat dibanding software lainnya karena banyak perusahaan
software yang konsisten menciptakan kemajuan pada sistem operasi Windows.
Ø  Banyak gratisan GPL dan Freeware ditawarkan untuk Windows,  kalau ada masalah  
mudah menyelesaikannya sebab hampir semua orang bisa, dan mencari ahlinya juga tidak sulit disekitar kita.
Kekurangan WINDOWS:
Ø  Harga licensi mahal, 
Ø  Komunitas terlalu sedikit, karena bersifat closed-source,
Ø  Banyaknya virus yang sering menyerang Windows,
Ø  Sistem keamanan yang masih dibilang kurang,
Ø  Sistem yang kurang stabil.




2.      OPERASI DASAR PADA SISTEM OPERASI KOMPUTER
a.      Bagian-Bagian Sistem Operasi
-          Mekanisme Boot, yaitu meletakan kernel ke dalam memory kernel, kernel dapat dika-
takan sebagai inti dari Sistem Operasi.
-          Command Interpreter atau Shell, bertugas untuk membaca input berupa perintah dan
menyediakan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupun piranti lunak lain. Contoh dari Shell adalah: Command prompt pada Windows Xp (DOS pada Windows 98), XTerm dan Konsole di Mesin Linux (Unix).
-          Resource Allocator, Sistem Operasi bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber
daya dari perangkat.
-          Handler, handler berperan dalam mengendalikan sistem perangkat agar terhindar dari
kekeliruan (error) dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.
-          Driver, untuk berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware.
b.      Fungsi Sistem Operasi
-          Manajemen Proses
Inti proses yang ada didalam memori utama adalah mengarahkan pengembalian program kedalam memori utama untuk dieksekusi oleh CPU. Selanjutnya, OS mengelola memori tersebut, yaitu partisi lokasi memori dan urutan data dalam memori.
-          Manajemen Memori
Fungsi OS yang lain adalah mengelola memori yang terdiri dari partisi per program dan virtual memori. Hal ini dilakukan dengan mensimulasikan harddisk sebagai perluasan dari memori utama mempunyai kapasitas yang lebih besar dari pada kapasitas pisik sebenarnya.
-          Manajemen File
Pengaturan dan pengaksesan file yang disimpan dalam penyimpanan sekunder juga menjadi tugas OS. OS membuat dan mengatur struktur direktori serta operasi-operasi terhadap file sebagai contoh copy, delete, rename, dan paste.
-          Task Manajemen
Berfungsi menyediakan informasi rinci tentang kinerja komputer, menjalankan aplikasi, proses, penggunaan CP, informasi muatan dan memori, aktivitas jaringan dan statistik, log-in pengguna, dan sistem pelayanan. Task Manajemen juga dapat digunakan untuk menetapkan prioritas proses, afinitas prosesor, menghentikan proses, dan mematikan, mengaktifkan ulang, hibernasi atau log off.


-          Formatting
OS digunakan untuk memformat disket yang belum siap dipakai sehingga siap untuk dipakai oleh user.
-          Keamanan data
OS mengelola akses control terhadap file, seperti dalam penggunaan password.
-          User Interface
OS menyediakan interface (antarmuka) yang berbasis grafis dan atau GUI (Graphic User Interface) agar user dapat bekerja dengan perangkat lunak lainnya.
-          Toleransi Kesalahan
OS akan menangani kesalahan yang ada sehingga komputer tetap akan berjalan ketika terjadi kesalahan misalnya; kesalahan memori, komponen komputer yang berulang-ulang, dan kesalahan user.
c.       Sistem Operasi dengan BIOS
Pada kegiatan sebelumnya kita sudah mengetahui bahawa fungsi OS adalah sebagai
penghubung antara user dengan hardware komputer. Disamping itu juga terdapat komponen penghubung dan penyimpan yang berada di dalam komputer dan dibuat oleh pabrik komputer. Komponen itu disebut BIOS (basic input output system). Fungsi BIOS digunakan sebagai perintah internal seperti DIR, COPU, DEL, dan RENAME. BIOS tidak boleh hilang. Oleh karena itu BIOS langsung dibuat dan dipasang dialam komputer oleh pabrik pembuatnya. Adapun OS merupakan kumpulan perintah mengatur, mengontrol, dan mengendalikan segala kegiatan komputer, seperti menerima masukan, memprosesnya, dan mengeluarkan hasil. Sebagai contoh OS mengerjakan perintah eksternal, seperti format dan disk copy.
d.      Tujuan Sistem Operasi
-          Sistem Operasi membuat komputer menjadi lebih mudah dan menarik serta nyaman
untuk digunakan.
-          Sistem Operasi memungkinkan sumberdaya komputer digunakan secara efisien.
-          Sistem Operasi yang disusun/ diprogram sedemikian rupa memungkinkan menerima 
perubahan/ pengembangan baru yang efektif dan efisien, dapat melakukan pengujian sistem tanpa mengganggu layanan yang telah ada.



BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Pengertian OS secara umum adalah suatu perangkat yang mengelola seluruh sumber
daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan ke pengguna sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan pengguna serta pememfaatan sumber daya sistem komputer. Sistem Operasi dalam perkembangannya terbagi dalam 4 generasi, dalam perkembangannya pula muncul banyak Sistem Operasi seperti Linux, Windows, Free BSD, dan lain sebagainya.
Sistem Operasi memiliki bagian-bagian seperti; Mekanisme Boot, Shell, Resource Al-
locator, Handler, Driver. Selain itu Sistem Operasi memiki beberapa fungsi dan tujuan.



DAFTAR PUSTAKA



1 comments:

Cara Membersihkan Cache Smartphone

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Gimana kabarnya kawan? Semoga baik selalu. Sebenarnya bingung sih mau nulis materi apa, eh tiba2 kepikiran cache. ...