Wednesday, March 22, 2017

Kenapa Kipas Laptop Berputar Kencang?

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Gimana kabarnya? Semoga sehat selalu. Ok, kali ini saya ingin membahas tentang kipas laptop, mungkin kalian pernah mengalami kipas laptop yang kenceng banget suaranya dan membuat kita bingung pastinya.
Mungkin diantara kita pasti akan khawatir, jadi saya sebelumnya pernah mengalami hal semacam itu. Kasus yang pertama pastinya yang sering terjadi adalah laptop kita terlalu banyak muatan aplikasi yang terinstall, jadi aplikasi yang kurang penting biasanya dapat membuat kinerja laptop meningkat dan kipas pun berputar kencang untuk mendinginkan.
Kasus yang kedua, ada semacam pengganggu saya lupa namanya apa. Jadi sifatnya tidak membahayakan tetapi dapat membuat kinerja laptop kita terganggu alhasil outputnya pun kipas laptop berputar kencang.
Kasus yang ketiga, yang ini hampir sama dengan yang kedua tetapi bisa lebih bahaya lagi. Laptop terjangkit virus, dsb yang akan mengganggu bahkan merusak. Kalaupun kesulitan dalam menscan kita bisa lakukan install ulang saja.
Kasus yang kelima, ini merupakan yang paling inti menurut saya. Kehabisan pasta atau pasta mengering, jadi didalam laptop terdapat pasta guna mendinginkan CPU nya kalo ga salah, soalnya laptop saya sendiri pernah mengalami semacam itu. Akhirnya saya bersihkan dan diganti pasta yang baru.
Kasus yang keenam, kasus ini kasus unik yang pernah saya alami. Kabel kipas yang berfungsi untuk controller putus dan perputaran kipas tidak terkendali pelan kencangnya. Jadi bagi temen-temen yang belum tau, dibagian kipas ada 2 kabel yang satu untuk control yang satu lagi untuk perputaran kipas agar terus berputar. Emang sih kalo yang buat control putus ga masalah buat saya, kinerja laptop pun tidak akan terganggu walaupun kipas berputar kencang. User pun yang akan terganggu dengan suara kipas yang sangat kencang yang akan mengganggu konsentrasi hehehe XD.

Itu dia jawaban-jawaban dari pengalaman saya, jadi jangan ragu dengan otak-atik laptop agar kita bisa nemuin solusi apa yang terjadi dengan laptop kita. Dan yang senang kita sendiri kalo laptop kita ga rusak, ok ;).

0 comments:

Post a Comment

Cara Membersihkan Cache Smartphone

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Gimana kabarnya kawan? Semoga baik selalu. Sebenarnya bingung sih mau nulis materi apa, eh tiba2 kepikiran cache. ...