Monday, September 5, 2016

Database dan Komponen-komponennya2

Assalamu’alaikum Wr.Wb. Di postingan saya kali ini saya akan membahas tentang data-
base dan  komponen-komponennya2, artikel ini merupakan lanjutan dari datababe dan komponen-komponennya yang pertama. Nah, kemarin kan kita telah membahas komponen-komponen seperti entitas, atribut, key atribut, dan relasi. Patinya kalian masih ingat kan pengertian-pengertiannya, kalau lupa buka aja artikel saya sebelumnya hehehe.
Dan pastinya kalian udah bisa buat database kan? karena diartikel sebelumnya sudah saya
muat video tutorial membuat database dengan acces part 1, nah disini saya akan membahas komponen yang juga ga kalah penting dalam pembuatan database.
Ada button, didalam button sendiri ada beberapa saja yang akan saya bahas.Oke,
langsung saja kita bahas J
1.      Button, menu button akan kita lihat diacces jika kita masuk  ke design view→Design.
Button sendiri befungsi untuk mempermudah dalam penggunaan database, nah button sendiri itu seperti apa?
Button berbentuk icon kotak dengan 3 tanda x didalamnya. Apa aja yang ada didalam button? tentunya banyak, seperti gambar dibawah.

Di sini saya akan membahas 2 kategori saja, dan 2 kategori ini umum digunakan yaitu record navigation dan record operations.

Record Navigation, dengan action yang saya kolomi hijau dan jika kita menggunakannya
akan muncul icon yang tak asing seperti:

itu saya buat urut seperti dikolom hijau, saya sih ga akan jelasin pastinya kalian udah pada tau apa maksud dari icon tersebut hehehe. Nanti bagi yang bingung bagaimana cara membuatnya bisa nonton video dibawah ya.
Record Operations, dengan action kolom hijau dibawah

akan saya beri contoh iconnya juga dengan urutan Add, Save, Delete.

Nah, itu dia Button yang saya jelaskan. Apa sih kesimpulannya? jadi gini, walaupun terlihat
simple tapi dengan adanya button-button tersebut kita bisa lebih mudah dalam melihat data sesudah atau sebelum, menghapus, menambah data, menyimpan, dan sebagainya. Database yang kita buat jadi lebih indah.
Apa yang kita pelajari sekarang ini adalah dasar database, InsyaAllah seiring kita terus

belajar kita akan terus paham Amin. Untuk penjelasan yang lebih jelasnya saya sediakan video dibawah ini, apabila bermanfaat bagi anda tolong like, subcribe, dan share J Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

0 comments:

Post a Comment

Cara Membersihkan Cache Smartphone

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Gimana kabarnya kawan? Semoga baik selalu. Sebenarnya bingung sih mau nulis materi apa, eh tiba2 kepikiran cache. ...