Friday, December 25, 2015

Cara Membuat dan Menggabungkan Partisi Harddisk

Cara Membuat dan Menggabungkan Partisi Harddisk







Membuat Partisi Baru
1.      Kita buka start menu, kita ketikkan Disk Managemen lalu kita klik create and format hard disk partitions.

2.      Lalu akan muncul tampilan Disk Managemen, kita bisa mengklik kanan didisk yang akan kita partisi pilih shrink volume.

Akan muncul tampilan seperti dibawah, ditabel Enter the amount of space to shrink in MB kita bisa mengatur jumlah yang akan dipartisi didisk baru dalam bentuk MB. Misal kita partisi sebesar 5 GB, tinggal kita ketik menjadi 5000 dalam skala MB. Klik Shrink.

Disk F akan terpecah dari 20,2 GB menjadi 15,3 GB tapi partisi baru belum terlihat.


3.      Dari proses ke2 yang kita lakukan akan muncul partisi baru yang masih Unallocated, selanjutnya kita klik kanan pilih New Simple Volume.








Akan muncul Wizard pertama pilih next.

4.      Di lngkah ini ukuran angka yang kita inginkan akan terisi secara otomatis, kita juga dapat menggantinya. Next.

5.      Di sini kita menentukan Drive letter atau path, Assign the following drive letter tentukan huruf untuk partisi yang kita buat, Next.

6.      Di langkah ini kita di suruh untuk memformat terlebih dahulu, kita bisa mengisi File system, Allocation unit size, Volume label sesuai keinginan. Centang Perform a quick format, Next.

7.      Setelah itu akan muncul proses konfirmasi, kita bisa mengecek apakah sudah benar atau ada yang salah kita bisa klik back. Jika sudah benar klik Finish.

Selesai.















Menggabungkan Partisi Harddisk
1.      Kita lakukan hal yang sama seperti saat mempartisi harddisk, setelah itu akan muncul Disk Managemen lalu kita klik kanan disk yang akan kita gabungkan pilih Delete volume.

Lalu akan muncul tampilan seperti di bawah, klik Yes.

Disk G akan hilang tetapi memori masih belum tergabung.

2.      Di sini terlihat disk G sudah terhapus dan terdapat tulisan free space, selanjutnya kita klik kanan disk dimana dulu kita mempartisi disk tersebut. Pilih Extend volume.



3.      Selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini, klik Next.

4.      Di Select Disks ini data terisi secara otomatis, kitapun dapat merubahnya. Setelah itu kita klik Next.

5.      Di langkah terakhir ini akan muncul proses konfirmasi, kita bisa mengecek apakah sudah benar atau ada yang salah kita bisa klik back. Jika sudah benar klik Finish.

Selesai.



0 comments:

Post a Comment

Cara Membersihkan Cache Smartphone

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Gimana kabarnya kawan? Semoga baik selalu. Sebenarnya bingung sih mau nulis materi apa, eh tiba2 kepikiran cache. ...